Nasional

DPRD Kota Metro Meminta DKP3 Metro Percepat Proses Vaksinasi Ternak Warga

Metrocybernews.com, Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Metro meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan setempat agar mempercepat vaksinasi terhadap hewan ternak milik Warga di Bumi Sai Wawai. Hal tersebut menyusul ditemukannya 106 sapi ternak milik Masyarakat Bumi Say Wawai terinfeksi Lumpy Skin Disease.
Hal itu ditegaskan Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Basuki, Ia mengungkapkan, bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan vaksin LSD sebanyak 500 dosis ke Pemkot Metro
Dirinya mengaku bahwa Pemerintah kota Metro selama ini telah menerima vaksin LSD sebanyak 500 dosis dari Provinsi. Maka Tim dari DKP3 harus terus melakukan pemantauan dan kontrol terhadap seluruh kandang ternak milik Kelompok, Kolektif, maupun Masyarakat perorangan. Hal itu dilakukan supaya hewan yang terinfeksi, tidak menular ke ternak lainnya.
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menekankan, agar DKP3, melalui bidang peternakan dapat memutus penyebaran LSD seperti menuntaskan sebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku.
Terkait itu, DPRD Kota Metro ikut menyoroti tentang penyakit LSD pada sapi ternak, apalagi sebelum virus ini muncul, ternak Masyarakat ada yang terserang PMK. Kami meminta dinas yang terkait, dalam hal ini DKP3 agar terus memantau dan melakukan penelusuran terkait penyebarannya, kemudian langsung dilakukan vaksinasi.
Basuki menyebut, LSD merupakan virus yang dapat menular pada ternak khususnya sapi. Sehingga, pemberian vitamin serta kebersihan kandang ternak menjadi salah satu kunci utama dalam menangkal paparan virus LSD.
Basuki mengungkapkan bahwa Penyakit ini dapat menular pada ternak lain, lewat perantara lalat maupun nyamuk yang hidup di lingkungan kandang. Untuk itu, Pihaknya mengaku bahwa sebelumnya sudah melihat langsung Teman-Teman dari DKP3 yang telah melakukan pengecekan terhadap ternak Warga dan memberikan vitamin serta menyemprotkan desinfektan.
“Sebab penyakit ini bisa menular ke ternak lain melalui nyamuk dan lalat. Sehingga kebersihan kandang ternak sangat penting” ujarnya.
Oleh karenanya menurut Basuki bahwa Pemilik ternak juga harus rutin menjaga kebersihan kandang. Anggota DPRD dari Dapil Metro Timur itu juga menilai, infeksi LSD pada ternak dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat.
Dirinya juga menyarankan agar DKP3, dapat melakukan antisipasi lain dengan cara mengkarantina setiap ternak dari luar daerah yang masuk ke Kota Metro. Basuki mengingatkan Pihak Dinas untuk melakukan antisipasi terkait jual beli hewan dari luar kota Metro, sehingga hewan yang datang dari luar Metro, kiranya perlu dikarantina.
“Saya sarankan Dina KP3 Metro bisa mengantisipasi dengan cara mengkarantina setiap ternak yang datang dari luar kota Metro, termasuk jual beli hewan dari luar kota” pinta Basuki.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *